Mengatur ruang dan kecepatan di jalan raya yang sedang macet

Bila dihadapkan pada pengurangan jumlah ruang yang tersedia, aturan penting yang harus diingat sangat sederhana:

Sedikit ruang, Kurangi kecepatan

Dalam berkendara normal, anda harus menjaga jarak sekitar 1 meter dari tepi jalan atau apapun yang kebetulan anda lewati. Bila anda terpaksa mengurangi jarak ini, sebaiknya anda juga mengurangi kecepatan. Semakin sedikit jarak yang anda miliki, semakin rendah kecepatan anda. Jika melewati kendaraan yang berjalan, kurangi kecepatan lebih jauh.

Dasar – MSM

Seperti biasa, gunakan dasar MSM ketika berhadapan dengan sebuah bahaya. Anda harus tahu sebelumnya tentang pengendara lain yang mungkin terpengaruh oleh tindakan anda. Anda juga harus waspada terhadap isyarat yang anda berikan (termasuk lampu rem) dan siapa saja yang mungkin terpengaruh olehnya.

Pengguna jalan yang rentan

Bila memungkinkan, pengguna jalan yang sangat rentan (seperti pejalan kaki dan pengendara sepeda) harus diberikan jarak lebih dari 1 meter serta kurangi kecepatan anda sesuai dengan itu.

Tidak ada ruang

Kadang-kadang ruang menjadi sangat terbatas sehingga tidak aman untuk melanjutkan, bahkan pada kecepatan yang sangat lambat sekalipun. Jika ini terjadi, berhenti dan tunggu situasi menjadi baik. Dengan perencanaan dan antisipasi yang memadai, anda harus selalu bisa berhenti dalam posisi yang memungkinkan pengendara lain untuk berlalu. Sehingga akhirnya anda dapat melanjutkan perjalanan.

Tags: No tags

Comments are closed.