Teknik berpindah jalur atau mengubah jalur di Jalan Raya

Saat menggunakan jalur, anda harus memposisikan mobil anda ditengah bila memungkinkan. Gunakan jalur paling jauh kekiri kecuali anda memililki alasan yang tepat untuk melakukan sebailiknya.

Perencanaan

Agar bisa mengubah jalur dengan aman, harus ada jarak yang memungkinkan di belakang anda dan di depan anda di jalur yang sedang anda lalui. Berapa ruang yang anda butuhkan tergantung pada kecepatan yang anda tempuh (kecepatan yang lebih tinggi memerlukan lebih banyak ruang). Anda juga harus memperhitungkan kecepatan kendaraan lain di sekeliling anda, terutama jika berjalan lebih cepat dari anda.

Dasar – MSM

Mirrors / Kaca spion : bila muncul keinginan berpindah jalur, anda harus memiliki kesadaranyang baik terhadap pengendara lain disekitar anda. Gunakan kaca spion anda untuk memastikan ada ruang yang cukup sebelum membuat keputusan akhir. Jika perlu periksa titik buta (blindspots)

Signal / Tanda : berikan isyarat bila perlu untuk pengguna jalan lain. Ingatlah bahwa isyaratbisa menyesatkan, terutama jika ada sisi jalan selanjutnya.

Manuver / Berbelok : anda mungkin perlu menyesuaikan sedikit kecepatan anda untukmemanfaatkan ruang yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Bila aman, kemudian dengan hati-hati untuk berpindah ke jalur yang baru. Ingat untuk membatalkan isyarat apapun dengan segera setelah tidak diperlukan lagi.

Tags: No tags

Comments are closed.