Teknik dasar menikung di jalan lintas dengan kecepatan sedang

Dasar kebiasaan – MSPSL

  1. Mirrors / Kaca spion : seperti biasa, gunakan kaca spion anda sebelum mengubah arah. Periksa kaca spion dalam dan spion kiri sebelum bergerak ke kiri sebaliknya periksa kaca spion dalam dan spion kanan untuk bergerak ke kanan.
  2. Signal / Isyarat membelok biasanya tidak diperlukan untuk menikung karena anda hanya mengikuti jalan. Sadarilah isyarat lain yang mungkin anda berikan, seperti lampu rem yang menyala.
  3. Position / Posisi : jaga posisi anda di tikungan. Posisi yang baik akan membantu untuk memaksimalkan pandangan anda terhadap jalan di depan, serta menawarkan peningkatan stabilitas saat anda berbalik.
  4. Speed / Kecepatan : sesuaikan kecepatan anda dengan tikungannya. Cobalah mengidentifikasi titik batas/titik terjauh pada jarak dimana jalan menghilang dari pandangan. Tetaplah berjalan lambat karena titik batas semakin dekat dengan anda. Salah satu posisi aman akan tetap anda temukan pada kecepatan yang benar.
  5. Look / Perhatikan : sedini mungkin, cobalah melihat sekeliling dan lewati tikungan. Beberapa tikungan menghambat pandangan. Namun, berikan pandangan bagus jika anda memalingkan kepala sedikit dan melihat keluar langsung apa yang ada di depan anda.

Gigi Persneling

Seperti biasa, sesuaikan gigi transmisi dengan kecepatan anda. Saat anda memasuki tikungan anda harus benar-benar siap. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan kecepatan anda dan memilih gigi yang tepat sebelum mulai berbelok. Ingat bahwa gigi rendah menuju pada kecepatan rendah.

Refleksi berperan besar dalam berkendara, selalu coba dan lihat sebelum anda memasuki situsasi, selalu berusaha untuk menghindari mundur dari situasi yang buruk.

Tikungan ke kiri

Saat mendekati tikungan, setelah mengeceknya dengan, bergeraklah ke arah tengah jalan dan posisinya disebelah garis tengah. Jika tidak ada garis tengah, anda harus bisa membayangkan dimana tempatnya. Hati-hati jangan sampai melewati sisi lain jalan. Saat anda keluar dari tikungan, bergeraklah kembali ke sisi kiri jalan.

Tikungan ke kanan

Bagi banyak pengendara, hal paling lumrah yang harus dilakukan saat mengambil belokan ke kanan adalah memotong sudut. Namun, ini adalah kebalikan dari apa yang harus dilakukan. Untuk tikungan ke kanan, sebaiknya posisikan kendaraan dengan baik ke kiri seperti pada mengemudi normal.

Posisi ke kiri akan memaksimalkan pandangan anda tentang jalan di depan. Itu juga akan membuat giliran lebih bertahap dan karena itu lebih mudah. Akhirnya, ini akan membantu menjauhkan anda dari siapapun yang bepergian ke arah yang berlawanan dengan anda (jika melakukan tikungan dengan benar).

Tags: No tags

Comments are closed.