Teknik dasar mulai bergerak dan berhenti dalam praktek mengemudi mobil

Selama pelajaran mengemudi anda, anda akan diajari cara bergerak dan berhenti dengan aman dengan rutinis yang benar.

Bergerak – POM 

Prepare/Persiapan: Dengan memilih posisi netral dan rem tangan dilepas, nyalakan mesin. Pilihgigi 1 dan temukan titik menggigil dengan mengatur gas dan mengurangi kopling sampai ketitik dimana anda merasakan sedikit perubahan pada suara dan getaran mesin. 

Observe/Mengamati: ambilah semua pengamatan yang efektif. Pastikan aman untuk bergerakdan pastikan anda mengetahui siapa dan apapun yang mungkin terpengaruh dengan tindakan anda, jangan lupa tempat/daerah samar-samar (blindspots). Perhatikan pengguna jalan lain yang mungkin mendapat keuntungan dari anda memberi isyarat. 

Move/Bergerak: bila anda yakin aman untuk bergerak, turunkan rem tangan dan mulaimelepaskan kopling dengan perlahan. Semakin anda melepas koplingnya, semakin cepat mobilnya akan melaju. Ingatlah untuk menjaga tekanan pada gas agar mesin tidak mati/menyendat. 

Sebelum anda bergerak seharusnya:

•    Gunakan kaca spion untuk memeriksa apakah jalan aman 

•    Lihat sekeliling untuk memeriksa titik buta (blindspots) atau tempat dimana anda tidak bisa lihat dari kaca-kaca. 

•    Memberi isyarat jika perlu sebelum bergerak

•   Melihat sekeliling untuk pengecekan terakhir, bergeraklah hanya ketika aman

Berhenti – MSM

Sebelum memulai kegiatan MSM kita perlu memutuskan dimana untuk berhenti menggunakan

ATS

•      Aman (tidak berhenti pada atau dekat tanjakan atau tikungan)

•      Tepat (dimana tidak mengganggu pengguna jalan lain)

•      Sesuai (tidak di jalan yang berkelok atau dimana ada tanda dilarang berhenti) 

Mirrors / Kaca spion: sebelum berhenti di sebelah kiri, periksa kaca spion dalam dan kaca spionkiri anda. Anda akan lebih pelan, jadi anda perlu mempertimbangkan kemungkinan yang mempengaruhi seseorang di belakang anda. Karena anda juga akan bergerak kekiri, penting untuk mengetahui apakah ada kemungkinan seseorang dapat muncul tiba-tiba di sebelah kiri anda. 

Signal / Tanda: jika perlu berikan pertanda atau isyarat kiri dalam waktu lama. Anda harusmenyadari dengan siapa anda berkomunikasi dan pertanda apa yang persis anda berikan. Mengerem juga akan memberikan sebuah tanda saat pedal rem ditekan maka lampu rem akan segera menyala secara otomatis.

Maneuver / Mengarahkan: berhenti mengharuskan mobil melaju lebih dekat ketepi jalan.Kecepatan anda perlu dikurangi dan akhirnya mobil harus berhenti beberapa inchi dari tepi jalan, kopling harus ditekan ke lantai dan tuas persneling dipilih keposisi netral.

Posisi stir saat ingin berhenti 

Stir saat berhenti sama dengan pisisi stir saat bergerak. Mulailah memutar stir sedikit kekiri, kearah tepi jalan. Saat anda mendekati tepi jalan putarlah kembali stir kearah kanan dan menjauhlah dari tepi jalan. Hal ini akan menyebabkan mobil lurus , akhirnya mobil sejajar dengan tepi jalan.

Lambat dan berhenti 

Apakah anda memerlukan rem untuk memperlambat dan berhenti bergantung pada berbagai faktor, termasuk kecepatan, gigi dan apakah anda berada pada posisi miring.

Jika anda perlahan bergerak di gigi 1, cukup lepaskan gas yang akan menyebabkan mobil melambat dan sangat lambat. 

Saat anda menekan kopling sesaat sebelum berhenti, ini mungkin menyebabkan mobil berayun sebelum berhenti tanpa menyentuh pedal rem. Meski demikian, sebelum benar-benar berhenti anda harus menginjak rem untuk berjaga-jaga.

Pengaman mobil 

Setelah anda benar-benar berhenti, amankan mobil dengan menggunakan rem tangan. Pilih netral dan matikan lampu sinyal anda jika perlu. Dengan rem tangan dan memilih netral, anda sudah bisa melepas pedal rem dan pedal kopling. 

Tags: No tags

Comments are closed.