Teknik Parkir Paralel/Memanjang Vol 1

Ambil posisi sejajar disebelah kendaraan kira-kira jarak 1 meter. Mobil anda harus lurus dan anda juga harus meluruskan rodanya sebelum anda berhenti. Luangkan waktu anda untuk mengamati posisi parkir dan tetap waspada terdahap pengguna jalan lainnya.

Jika perlu, pertanda isyarat kiri dapat digunakan untuk menunjukan bahwa anda berniat untuk berhenti. Ingatlah untuk mematikan tanda isyarat ini sebelum ini anda memulai bermanuver. Begitu anda mengemudikan mobil dengan gigi mundur, lampu belakang anda akan membantu memberi syarat niat anda.

Mundur – POM

Seperti biasa, pastikan anda mempersiapkan, mengamati dan bergerak secara berurutan. Gunakan rem kaki untuk mencegah mobil terpelanting, amati secara efektif daerah sekitar termasuk kedua titik buta (blindspot). Sebelum mulai bergerak, anda seharusnya memperhatikan melalui atas bahu kiri anda, melalui jendela belakang.

Putaran pertama – Kekiri

Kemudi diputar kekiri kira-kira setengah jalan melewati mobil disebelah anda. Bagian depan mobil akan berayun ke kanan saat anda berputar, jadi pastikan anda berbelok dan memeriksa sisi kanan termasuk titik buta (blindspots) sebelum anda bergerak lebih jauh. Tetap berjalan lambat menggunakan pedal kopling. Perhatikan belakang anda dan lirik sekitar anda, periksa pengguna jalan lainnya.

Putaran kedua – ke kanan

Ketika anda mencapai sudut kira-kira 450 mulailah memutar stir ke kanan sampai roda depan dalam posisi lurus. Bagian depan mobil anda sekarang akan mulai bergerak menuju trotoar atau tepi jalan. Pastikan anda memiliki ruang yang cukup untuk mobil di depan.

Camber bisa menyebabkan mobil berjalan kencang, jadi bersiaplah untuk menekan kopling ke lantai dan gunakan rem kaki untuk mengontrol kecepatan.

Putaran ketiga – meluruskan 

Saat mobil anda mulai sejajar dengan trotoar atau tepi aspal putar stir ke kanan sampai mentok dan sejajarkan mobil anda dengan tepi jalan. Cobalah untuk mengatur sehingga roda mobil anda menjadi lurus ke depan. Anda mungkin harus menggunakan kopling untuk menjaga agar mobil tetap bergerak. Ingat untuk terus melihat ke belakang dan disekitarnya serta kaki kanan harus tetap standby di pedal rem.

Tags: No tags

Comments are closed.