Mengenal persimpangan terbuka dan persimpangan tertutup (Emerge) dalam praktek mengemudi mobil

Bagian ini kira-kira yang muncul dari jalan kecil ke jalan utama atau dengan kata lain dari sisi jalan ke jalan utama. Kami membagi 2 jenis persimpangan yaitu terbuka dan tertutup.

•      Persimpangan terbuka: pemandangan jalan di depan yang tidak terhalang.

•      Persimpangan tertutup: buta, pemandangan jalan di depan terhalang oleh kendaraan parkir, dinding bangunan atau pagar tanaman. 

Dasar rutinitas – MSPSL

Mirrors / Kaca Spion: mulai dengan melihat kaca spion, pastikan untuk mengetahui apa yangada disisi kiri jiki belok kiri dan disisi kanan jika belok kanan.

Signal / Tanda: jika belok kiri atau belok kanan, biarkan pengguna jalan lain mengetahuimaksud anda dengan memberikan sebuah isyarat dalam waktu yang lama (± 100 meter / 2 tiang listrik). Perhatikan sisi jalan dan hindari memberikan isyarat yang menyesatkan.

Position / Posisi: saat belok ke kiri, mendekatlah kesudut kiri jalan, sekitar satu meter dari tepijalan. Carilah titik dimana tepi belokan anda dan mulailah mengarahkan kemudi kekiri saat itu, terus ikuti tepi jalan. 

Ketika berbelok kekanan, posisi berada ditengah dan tetap lurus sampai anda memasuki jalan utama. Perkirakan kemudi anda sehingga anda berbelok kesisi kiri jalan utama. 

Speed / Kecepatan: mulailah berjalan pelan sebelum persimpangan. Ketika berjalan,perkirakanlah apa yang anda lihat dikiri dan kanan. Semakin terbatas pandangan anda, semakin lambatlah anda berjalan. Anda mungkin perlu berhenti membiarkan pengguna jalan yang lain lewat sambil memperkirakan apakah aman untuk dilanjutkan. Untuk melanjutkan dengan aman, anda harus bisa mengamankan persimpangan tanpa menyebabkan pengguna jalan lainnya terganggu kecepatan atau arahnya.  

Look / Memperhatikan: mulailah melihat kanan dan kiri ketika mendekati persimpangan. Andaharus melihat keduanya setidaknya sekali sebelum anda mencapai garis jalur persimpangan. Dipersimpangan jalan ingatlah juga untuk melihat kedepan jalan. 

Perhatikan pejalan kaki yang menyeberang di dekat persimpangan dan pengguna jalan lain yang tiba-tiba muncul diluar zona pandangan anda. Teruslah melihat kiri dan kanan serta ke depan sampai anda yakin aman untuk melanjutkan. 

Membuat keputusan – LADA

Look / Memperhatikan: teruslah melihat untuk meningkatkan pandangan anda putar kepalaanda dari sisi ke sisi. 

Assess / Menaksir: taksir pergerakan pengguna jalan lainnya, seberapa jauh mereka? Kemanamereka pergi? Berapa kecepatan perjalanannya? Apakah lambat atau cepat? 

Decide / Putuskan: ketika menaksir situasi, anda harus memutuskan kapan situasi aman untukmelanjutkan. Ingat, anda tidak harus jalan duluan dipersimpangan ini sehingga tindakan anda tidak menyebabkan pengguna jalan lain harus mengubah kecepatan atau arah-arah mereka. Jika seseorang menunggu anda atau memberi isyarat kepada anda untuk menyuruh anda duluan, yakinkan dengan pasti sebelum bertindak. 

Act / Bertindak: bila aman untuk melanjutkan, lihat ke arah yang anda inginkan dan segerabergerak.

Gigi Persneling: emerging atau kemunculan dari jalan kecil umumnya dilakukan menggunakangigi 1 dan gigi 2. Ketika mendekat, cobalah untuk menetapkan apakah anda berurusan dengan persimpangan terbuka atau tertutup. Jika anda dapat melihat dengan jelas kesegala arah ketika mendekat, itu adalah persimpangan terbuka. Jika pandangan terbatas, itu adalah persimpangan tertutup. Gigi 2 bisa digunakan bila persimpangan terbuka dan anda bisa melihat keamanannya untuk mempertahankan gerakan. Jika persimpangan tertutup, gigi 1 akan dibutuhkan mengontrol penuh kendaraan saat anda bergerak lambat ke depan. 

Persimpangan 

Banyak persimpangan yang hanya memiliki garis putih di jalan. Tanda peringatan dan segitiga mungkin ada atau mungkin tidak ada. Waspadalah terhadap garis pudar, terkadang anda harus melihat sangat dekat untuk melihat tanda mana yang ada dipersimpangan. Berjalanlah dengan lambat agar anda memiliki banyak waktu untuk melihat tanda-tanda tersebut.

Perhatikan juga garis peringatan bahaya putih yang dicat ditengah jalan. Garis ini memperingatkan adanya bahaya atau situasi yang berpotensi bahaya, dalam hal ini adalah bahaya persimpangan.

Emerge – Muncul dari persimpangan tertutup

Ketika mendekat, anda akan dapat melihat bahwa anda berurusan dengan persimpangan tertutup. Bangunan dan mobil yang diparkir akan menghalangi pandangan anda.

Gunakan dasar M-S-P-S-L anda ketika mendekat, gigi 1 akan diperlukan kecuali jika jalan menurun gigi 2 mungkin lebih sesuai.  

Di persimpangan

Anda akan maju dengan pelan, mengintip dan berjalan dengan pelan keposisi dimana anda bisa melihatnya. Jangan pernah berkomitmen sendiri tanpa melihat dengan benar, selalu pikirkan pengendara lain termasuk pengendara sepeda.

Tags: No tags

Comments are closed.