Teknik mendekati persimpangan kemudian berbelok kekiri atau kekanan dalam praktek mengemudi mobil

a.  Belok kiri 

Bagian ini tentang belok kiri dari jalan utama/besar ke jalan kecil, atau dengan kata lain dari jalan utama menuju jalan samping.

Kebiasaan dasar – MSPSL 

Mirrors / Kaca spion: mulai dengan memeriksa spion dalam dan spion samping kiri. Anda harusmengetahui sejauh mana tindakan anda akan mempengaruhi pengguna jalan lain. 

Signal / Tanda: biarkan pengguna jalan lain mengetahui maksud anda memberikan tandalampu sein kiri dalam waktu yang lama (± 100 meter / 2 tiang listrik). Perhatikan pengguna jalan di sebelah kiri dan hindari memberikan tanda yang menyesatkan. Jika anda harus bejalan ke kanan mendekati belokan (untuk menghindari mobil yang diparkir contohnya) biasanya lebih baik menghidupkan sein kiri setelah bergerak ke kanan. Seperti biasa perhatikan bagaimana tanda anda akan ditafsirkan oleh orang lain. 

Position / Posisi : dalam kebanyakan kasus, tidak perlu mengubah posisi saat mendekatibelokan kiri karena anda sudah berjalan di sepanjang sisi kiri jalan. Jika karena alasan tertentu anda belum berada di sebalah kiri, anda harus pindah saat anda yakin itu aman. Cobalah mendekati sudut dalam garis lurus dan pertahankan jarak kira-kira satu meter dari tepi jalan, ini akan memastikan tidak akan ada kendaraan yang akan memotong dari tepi disepanjang jalan. Mulailah mengemudi dari sebelah kiri pada titik dimana tikungan tepi jalan mulai menjauh dari anda. 

Speed / Kecepatan: yakinkan kecepatan anda baik dan lambat. Ini akan memberi anda waktuuntuk melihat persimpangan apakah aman untuk berbelok atau tidak. Menggunakan rem lebih awal memang bagus karena dapat memberi kontrol maksimal atas kecepatan kendaraan sekaligus memberi pertanda awal (berupa lampu rem) bagi siapa saja yang berada di belakang anda. 

Look / Memperhatikan: sebelum anda berbelok kesisi kiri, pastikan anda melihatnya. Andaharus memastikan jalannya jelas sebelum anda menjalankan mobil anda. Paling utama waspadai pejalan kaki yang mungkin berjalan dari tepi lain dan ingat pejalan kaki harus diutamakan. Cobalah untuk melihat mereka lebih awal dan baca bahasa tubuh mereka. Gunakan kaca spion untuk memastikan bahwa tidak ada orang (seperti pengendara sepeda motor) yang mencoba melewati anda di sebelah kiri anda.

Beberapa hal untuk diingat

Jangan mencoba untuk melewati pengendara sepeda motor hanya untuk berbelok ke kiri, melakukan hal tersebut sangat berbahaya. Bersabarlah di belakang sipengendara sepeda motor dan berikan ruang luas baginya.

Jika anda ingin bergerak ke kanan setelah belok kiri, pastikan mengecek pertama kaca spion dalam dan kaca spion kanan. Berikan tanda agar tidak menyesatkan.

Gigi transmisi 

Jika perlu mengganti gigi, lakukanlah dengan segera sebelum belokan. Setelah anda mulai melambat dan berkesempatan untuk menaksir situasi, anda biasanya membutuhkan gigi 1 atau gigi 2. Seperti biasa, sesuaikan gigi transmisi dengan kecepatan anda. Klik disini untuk melihat videonya

b.  Belok Kanan 

Bagian ini tentang belok kanan dari jalan utama ke jalan kecil atau dari jalan utama ke jalan samping.

Kebiasaan dasar – MSPSL

Mirrors / Kaca Spion: mulailah dengan memeriksa kaca spion dalam dan kaca spion kanan.Anda ingin tahu bagaimana tindakan anda akan mempengaruhi pengguana jalan lain. 

Signal / Tanda : biarkan orang lain tahu apa yang ingin anda lakukan dengan memberi isyaratke kanan dalam waktu yang lama (± 100 meter / 2 tiang listrik). Perhatikan pengguna jalan lain di sebelah kanan dan hindari memberikan isyarat yang menyesatkan. 

Position / Posisi : bila anda yakin aman, pindahkan posisi anda ke arah kanan dan sejajarkanmobil anda disebelah tengah jalan. Jangan melintasi garis tengah kecuali kalau tidak dapat dihindari/keadaan terpaksa. Jika tidak ada garis tengah, maka untuk menandai tengah jalan anda harus melihat dengan seksama dan mencoba memperkirakan dimana garis tengahnya. 

Speed / Kecepatan : pastikan kecepatan anda baik dan lambat. Ini adalah kesempatan andauntuk melihat persimpangan dan membuat keputusan yang tepat untuk berbelok. Menggunakan rem lebih awal memang bagus karena dapat memberi pengawasan maksimal untuk kecepatan kendaraan sekaligus memberi isyarat awal berupa lampu rem bagi siapa saja yang berada di belakang anda. 

Look / Melihat: sebelum anda berbelok kejalan keci, pastikan anda melihatnya. Anda harusmemastikan jalannya jelas sebelum anda membelokkan mobil anda. Paling utama waspadai pejalan kaki yang mungkin sedang berjalan dari sisi lain dan ingat bahwa pajalan kaki harus diutamakan. Cobalah untuk memperhatikan mereka terlebih dahulu dan baca bahasa tubuh mereka. Gunakan kaca spion untuk memastikan bahwa tidak ada orang seperti pengendara sepeda motor yang mencoba mendahului anda disebelah kanan anda. 

Beberapa hal untuk diingat

Apabila ada kendaraan yang mendahului anda, jangan belok kanan karena dapat mengakibatkan kecelakaan atau bahaya. Jika jalan anda diblok, tetap berpegang pada jalur normal selama yang anda bisa dan hanya menyimpang dari jalan dimana anda tidak punya pilihan lain. Jika perlu, tunggu di persimpangan sampai aman untuk berbelok.

Gigi Transmisi

Jika mengganti gigi diperlukan, lakukanlah dengan segera sebelum belokan. Setelah anda mulai melambat dan berkesempatan untuk menaksir situasi. Anda biasanya membutuhkan gigi 1 atau gigi 2. Seperti biasa, sesuaikan gigi transmisi dengan kecepatan anda.

Tags: No tags

Comments are closed.