Teknik mengendarai mobil di bundaran

Bundaran terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di “Esemka Driving School”, kami selalu memberi jalan pada kendaraan yang datang dari arah kanan.

Bundaran sering menyebabkan pelajar mengalami banyak masalah selama belajar mengemudi, luangkan waktu untuk membaca dan mencerna bagian ini. 

Pendekatan – MSPSL

Mirrors / Kaca spion: seperti biasa, mulailah rutinitas awal. Mengetahui apa yang ada di belakangdan di sisi-sisi anda. 

Signal / Tanda: beri isyarat bila perlu. Jika anda membelok kekiri, beri isyarat ketika mendekat.Jika anda membelok ke kanan, beri isyarat ketika mendekat. Jika anda ingin lurus, jangan memberi isyarat sama sekali.  

Position / Posisi: mengambil posisi sebelum mendekati bundaran sama seperti pada persimpangan lainnya. Kecuali jika rambu jalan mengarahkan anda sebaliknya, anda harus memposisikan sebagai berikut. Jika anda berbelok kekiri, ambil posisi di sebelah kiri. Jika anda berbelok kekanan ambil posisi disebelah kanan. Jika anda lurus ambillah posisi ditengah atau sisi kanan.  

Speed / Kecepatan: mulailah membawa kendaraan anda dengan lambat terlebih dahulu. Karenaanda harus memberi jalan pada kendaraan yang datang dari kanan. Anda perlu melihat apa yang muncul dari kanan bundaran. Anda juga perlu mengawasi kemana arah kendaraan yang datang dari kanan. Anda tidak akan dapat melakukan ini apabila anda tidak berkendara dengan lambat.  

Look / Memperhatikan: ketika mendekati bundaran, pengamatan anda harus dimulai seawalmungkin. Anda perlu melihat ke kanan tapi tidak boleh menatap, pandangan-pandangan sekilas ke kanan akan memungkinkan anda memperhatikan gambaran lengkap tentang apa yang terjadi. Sambil tetap fokus kedepan dan melihat kemana akan pergi.

Gigi transmisi

Jika anda perlu menganti gigi, ini biasanya hal terakhir yang akan anda lakukan sebelum mendapati bundaran. Begitu anda mendekat dan anda memiliki lirikan bagus ke kanan, anda akan tahu apa yang diperlukan untuk selanjutnya. Biasanya akan menggunakan gigi 1 atau gigi 2. Cobalah menahan godaan untuk mengganti gigi lebih awal. Anda akan mendapat keberuntungan dan mungkin akan perlu mengganti gigi lagi sebelum berada di bundaran. 

Berada di bundaran 

Gunakan waktu anda. Usahakan menjaga kecepatan yang konstan. Perhatikan posisi anda dan tetap waspada terhadap pengguna jalan lainnya.

Anda dapat mengganti gigi di bundaran jika sesuai dan anda memiliki kesempatan yang sesuai. Namun, kecepatan dan posisi bagus yang masuk akal adalah prioritas yang lebih tinggi daripada penggantian gigi. Memeriksa kaca spion dan pertanda keluar juga memiliki prioritas yang lebih tinggi dari pada gigi. 

Keluar dari bundaran 

Jika anda belok ke kiri ke pintu keluar pertama, anda seharusnya sudah memberi isyarat ketika mendekati bundaran. Pastikan isyarat anda ini tetap menyala sampai anda keluar dari bundaran. Rencanakan untuk melanjutkan posisi jalan normal oleh karena itu anda harus berada disebelah kiri dijalan berikutnya kecuali anda memiliki alasan yang tepat untuk berada ditempat lain.

Begitu anda keluar dari bundaran, pastikan isyarat kiri anda mati. Jika tidak bisa otomatis, matikan sendiri secara manual.

Berhati-hatilah jika anda bergerak kearah kanan setelah keluar dari bundaran (contoh untuk melewati kendaraan yang susah bergerak). Pastikan sinyal kiri anda mati sebelum anda bergerak ke kanan.

Tags: No tags

Comments are closed.