Teknik dasar bermanuver dan berbalik arah “U” Turn

Kursus Mengemudi Esemka saat ini mengharuskan demonstrasi satu manuver. Ini bisa memutar kendaraan di sekitar parkir atau balik arah “Letter U”. 

Hal-hal yang perlu diingat saat melakukan manuver 

Aspek terpenting manuver adalah pengamatan yang efektif. Pengamatan sekunder penting menjaga kendaraan anda dengan baik. Aspek terakhir yang penting dari pengamatan dan pengawasan adalah akurasi.

Anda seharusnya bergerak dengan sangat lambat ketika melakukan sebuah manuver dan mengutamakan pengguna jalan lainnya. Jika seseorang dengan senang hati menunggu anda, anda harus melanjutkan manuver dengan hati-hati. Luangkan waktu mengamati apa-apa yang perlu diamati.

Selalu gunakan dasar POM sebelum bergerak. Jangan pernah yakin 100% aman untuk bergerak sebelum memeriksa lebih pasti keadaan disekitar. Tidak ada gunanya untuk memeriksa keadaan sekitar jika anda bergerak tiba-tiba atau tergesa-gesa.

Selalu lihat kebelakang ketika mundur. Tidak cukup hanya mengandalkan kaca spion saja, anda harus berbalik dan melihat ke belakang.

a.  Pindah jalur / Letter “U”

Manuver ini harus dilakukan dikondisi jalan yang sepi, dimana anda bisa melihat dan terlihat. Hindari menginjak rem secara mendadak, hindari kendaraan yang terparkir dan hal-hal lain yang bisa menghalangi jarak pandang anda.

Langkah I (ke dalam) – POM 

Sebelum melakukan manuver, ambil waktu untuk mempersiapkan mobil. Pilih gigi 1, atur gas dan temukan titiknya. Kaki kanan anda standby di pedal rem dan siap untuk melepaskannya.

Prepare / Persiapan: ketika mobil bersiap untuk mendekati rambu-rambu U Turn, anda harusmengamati dengan efektif daerah sekitar dan temukan titiknya.

Observe / Bergerak: Gunakan pedal kopling untuk menahan pergerakan mobil berjalan denganlambat. Kemudian dengan cepat putar stir kekanan. Tetap mengemudi sampai stir tidak berputar lagi (kunci penuh). Saat anda berjalan lambat melintasi tengah jalan, berikan pandangan jelas ke kiri dan ke kanan.

Move / Berpindah: mendekati sisi jalan yang berlawanan, kemiringan roda dapatmenyebabkan mobil melaju dengan cepat. Jika demikian dorong kopling ke lantai dan lepaskan pedal kopling secara perlahan. Secara bersamaan letakan kaki kanan anda di pedal rem dan bersiap untuk melepaskannya. Saat anda mendekati tepi jalan, putar kemudi ke kiri, luruskan roda mobil anda dan atur posisi dengan jalan.

b.  Belok melengkung 

Mulailah berjalan lurus ke lengkungan dengan ruang lebar antara mobil dan ujung lengkungan. Mengambil posisi kiri-kira ditengah ruang yang tersedia biasanya merupakan cara yang baik untuk memulai.

Memutar – POM

Ingat 

Lengkungan parkir mobil dapat menjadi tempat yang sibuk dengan banyak orang dan kendaraan yang berlawanan arah. Pastikan anda mempersiapkan, mengamati dan bergerak sesuai dengan urutannya. Gunakan rem tangan untuk mencegah mobil berguling. Amatilah secara efektif termasuk kedua titik buta (blindspots). Sebelum memulai pergerakan, anda harus melihat dari balik bahu anda kearah belakang.

Menyetir 

Bagian depan mobil anda akan berayun saat anda membelok, jadi pastikan melakukan pengamatan yang baik termasuk titik buta (blindspots) sebelum anda mengarahkannya. Cobalah untuk mengatur waktu memutar stir sehingga anda menuju ketengah lengkungan. Tetaplah lambat dan teruslah melihat sekeliling saat anda berbelok ke lengkungan parkir, anda harus melihat garis kedua sisi mobil anda. Atur kembali bila perlu dan sejajarkan dengan garis kedua sisi kemudian luruskan roda.

Terakhir 

Dengan memutar lurus ke lengkungan, ingatlah untuk tetap melihat ke belakang anda ketika anda mundur. Hati-hati jangan sampai terlalu jauh ke belakang. Jika anda tidak yakin sepenuhnya bahwa keempat roda mobil anda di dalam lokasi parkir, majulah kedepan dan sesuaikan posisi anda. Gunakan waktu anda, ingatlah untuk selalu menggunakan dasar POM saat bergerak. Begitu anda yakin mobil ada di dalam parkiran gunakan rem tangan dan pilih netral.

Tags: No tags

Comments are closed.